Pengaruh Situasi Terhadap
Perilaku Konsumen
Pengaruh situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari
faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari
karakteristik konsumen dan karakteristik obyek. Situasi konsumen adalah
faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku
konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
Jenis-jenis situasi konsum
§ SITUASI
KOMUNIKASI
Situasi Komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen
memperoleh informasi atau melakukan komunikasi
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
1. Komunikasi
Lisan dengan teman, kerabat, tenaga penjual, pramuniaga, spg, dll.
2. Komunikasi
non pribadi, seperti iklan TV, radio, internet, koran, majalah, poster,
billboard, brosur, leaflet dll.
3. Informasi
diperoleh langsung dari toko melalui promos penjualan, pengumuman di rak dan di
depan toko.
§ SITUASI
PEMBELIAN
Situasi Pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dialami atau
dihadapi konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan
mempengaruhi pembelian Misal: Ketika Konsumen berada di bandara, ia mungkin
akan bersedia membayar sekaleng softdrink berapa saja harganya ketika haus.
Sebaliknya, jika ia berbelanja softdrink di swalayan dan mendapatkan harganya
relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga. Konsumen tsb
mungkin akan menunda pembelian softdrink dan mencari di tempat lain
§ SITUASI
PEMAKAIAN
Situasi Pemakaian disebut juga situasi penggunaan produk dan jasa
merupakan situasi atau suasana ketika konsumsi terjadi. Konsumen seringkali
memilih suatu produk karena pertimbangan dari situasi konsumsi. Misal: Konsumen
Muslim sering memakai kopiah dan pakaian takwa pada saat sholat atau pada acara
keagamaan. Kebaya akan dipakai kaum wanita pada acara pernikahan atau acara
resmi lainya, dan jarang digunakan untuk pergi bekerja. Saat sedang berolahraga
konsumen akan memilih pakaian yang nyaman untuk digunakan seperti training.
Para Produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian dalam memasarkan
produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk digunakan pada
situasi pemakaian tertentu. Misalnya, ada pakaian resmi untuk ke pesta,
http://dianpurnamasari1004.wordpress.com/2013/01/06/pengaruh-situasi-terhadap-perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar