JellyPages.com

Senin, 21 Mei 2012

Dasar Dan Ideologi Negara Republik Indonesia


        Setiap negara memerlukan ideologi untuk mengantarkan bangsa dan negara menuju cita-citanya. Demikian juga bagi bangsa indonesia, pancasila merupakan dasar yang menjadi pedoman dan petunjuk jalan dalam menentukan rambu-rambu tujuan bangsa dan negara indonesia. Pancasila menjadi sumber-sumber tertib sosial seluruh kehidupan rakyat inddonesia dan menjadi sumber tertib negara serta tertib hukum. Selain itu, pancasila menjadi pedoman dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
        Bagi masyarakat dan negara republik indonesia, pancasila adalah kenyataan yang tidak dapat diganggu gugat. Maksudnya, pancasila diterima sebagai falsafah dan ideologi negara yang makin hari makin perlu dihayati dan diamalkan. Namun, kedudukan formal pancasila yang sangat kuat tidak selalu sejajar dengan pengamalan pancasila dalam kehidupan sosial sehari-hari. Pancasila belum ditaati sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah kurangnya pengertian dan pemahaman mengenai pancasila serta latar belakang proses pertumbuhannya.

Arti Penting Ideologi Bagi Suatu Bangsa.
        Ideologi berasal dari kata idea, yang artinya pemikiran, konsep, atau gagasan dan kata logos, yang artinya pengetahuan. Secara sederhana ideologi berarti pengetahuan tentang ide-ide, keyakinan, atau gagasan. Secara lebih luas, ideologi adalah seperangkat prinsip-prinsip yang dijadikan dasar untuk memberikan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam melangsungkan dan megembangkan kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.
        Dengan demikian, suatu ideologi bagi keberadaan bagsa dan negara sangatlah penting karena memberikan dasar arah dan tujuan bagi bangsa dan negara dalam menjalankan kehidupannya. Tanpa ideologi, suatu bangsa tidak akan dapat berdiri kokoh dan mudah terombang-ambing oleh derasnya persoalan kehidupan berbagsa dan bernegara.
        Apabila ideologi nasional suatu bangsa atau negara tersebut tidak dihayati dan diamalkan oleh masyarakatnya (termasuk pemimpinnya), maka ideologi tersebut hanya merupakan simbol belaka yang tidak mempunyai arti apa-apa bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.
Kurangnya pengalaman ideologi nasional oleh masyarakat dapat terjadi karena prinsip-prinsip dasar serta arah tujuan yang terkandung dalam ideologi tersebut tidak dipahami, dimengerti, dipergunakan, dan dilaksanakan sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara.
Bagi bangsa indonesia, sudah jelas dan tegas bahwa yang menjadi ideologi nasional kita adalah pancasila seperti yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV. Pancasila adalah dasar negara dan juga sebagai pandangan hidup bangsa ini memiliki nilai-nilai yang memberikan arah dan tujuan yang jelas, yaitu menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila. Degan kata lain, pancasila membawa bangsa menuju masyarakat adil makmur yang memiliki rasa:
a.   Ketuhanan yang maha esa
b.   Kemanusiaan adil dan beradab
c.   Persatuan indonesia
d.   Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan
e.   Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Ideologi nasional bangsa indonesia yang tercermin dan terkandung dalam pembukaan UUD 1945 adalah ideologi perjuangan, yaitu ideologi yang sarat dengan jiwa dan semangat perjuangan bangsa untuk mewujudkan negara merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
Negara kita menjadikan pancasila sebagai ideologi nasional sesuai dengan cita-cita, jiwa, dan kepribadian bangsa. Bangsa idonesia menjunjung tinggi nilai kebersamaan, kekeluargaan, dan keseimbangan dalam segala bidang kehidupan, yaitu bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan (poleksosbud hankam) serta memiliki nilai-nilai yang lebih baik dibandingkan dengan ideologi-ideologi yang ada.
Pancasila sebagai ideologi negara indonesia dapat diartikan sebagai suatu konsep tentang sistem nilai yang secara individual maupun kebersamaan dipandang sebagai prinsip hidup ideal yang dicita-citakan dan kita inginkan untuk diwujudkan dalam kehidupan masyarakat dan negara republik indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar